banner 468x60

Chip Ini Selamatkan Orang Dari Serangan Jantung

394 views
iklan

Medical-Implant-Chip-1-croppedPenakita | SWISS – Kabar gembira bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung dan ingin terhindar dari serangan jantung. Baru-baru ini, sebuah chip diperkenalkan untuk mendeteksi lebih awal gejala serangan jantung. Alat ini akan menghindarkan seseorang dari salah satu penyakit paling mematikan di dunia ini.

Seperti dikutip dari Mashable (21/03), cara kerja alat temuan dari peneliti asal Swiss ini sangat sederhana. Menganalisa darah dari dalam tubuh kita dan mengirim hasil tes langsung ke dokter. Alat ini dikembangkan oleh tim di Institut Teknologi Federal Swiss di Lausanne, Swiss (EPFL).

Ukurannya yang kecil (14mm atau sekitar setengah inci), membuat perangkat ini sangat aman ditanam di bawah kulit. Perangkat ini dilengkapi lima sensor, pemancar radio dan sistem tenaga untuk membuat semuanya bekerja sebagaimana mestinya.

“Alat ini dapat memberi gambaran (pantauan) secara langsung dan berkesinambungan berdasarkan toleransi individu pasien. Bukan pada usia dan grafik berat badan atau tes darah mingguan, “kata pimpinan tim EPFL, Giovanni de Micheli.
Menurut ilmuwan lain di EPFL, Sandro Carrara, implan dapat mendeteksi molekul terkait dengan serangan jantung tiga dari empat jam sebelum serangan.

Perangkat ini masih dalam prototype dan dalam tahap pengembagan, dan diharapkan dalam waktu 4 tahun kedepan mulai dapat digunakan oleh semua orang. Terutama mereka yang memiliki riwayat buruk penyakit jantung, sekaligus mengurangi angka kematian akibat penyakit ini. adi

author