banner 468x60

Cokelat Dapat Lindungi Otak dari Stroke

372 views
iklan

chocolatePenakita | INGGRIS – Cokelat yang disebut-sebut sering menjadi penyebab munculnya jerawat ternyata memiliki dampak positif lho! Dalam sebuah studi yang dilakukan di Swedia, olahan makanan ringan yang terbuat dari biji buah kakao ini dapat melindungi otak dari serangan stroke.

Tak cuma cokelat, konsumsi bahan makanan apapun yang berlebihan akan berdampak buruk. Dalam kasus cokelat, jika dikonsumsi secara wajar, hal ini justru menguntungkan untuk menjaga kesehatan otak. Seperti dikutip dari BBC, temuan ini didapat melalui sebuah studi yang melibatkan lebih dari 37.000 orang dalam jangka waktu 1 dekade.

Dalam studi yang dilakukan pada kaum pria ini juga ditemukan, konsumsi cokelat juga membuat kinerja jantung lebih baik. Meski demikian, para peneliti dari kelompok Asosiasi Stroke ini memperingatkan bahwa temuan ini bukan berarti menjadi alasan untuk makan cokelat secara berlebihan.

Temuan yang tertcatat di jurnal Neurology ini mengungkap, konsumsi wajar cokelat akan memperkecil risiko seseorang sampai 17 persen mengalami stroke. Prof Susanna Larsson, dari Institute Karolinska di Swedia, mengatakan hal ini kemungkinan besar karena zat flavonoid yang terkandung dalam cokelat.

“Flavonoid tampaknya perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular melalui antioksidan, anti-pembekuan dan anti-inflamasi. Ini juga kemungkinan bahwa flavonoid dalam cokelat dapat mengurangi konsentrasi darah kolesterol jahat dan mengurangi tekanan darah,” paparnya.

Sementara itu, menurut Dr Clare Walton, dari Asosiasi Stroke, mengatakan, cokelat hitam sebaiknya digunakan sebagai bagian konsumsi harian, dan harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan seimbang. Karena pengaruhnya mengurangi resiko stroke. “Meski menurut studi cokelat baik untuk kesehatan agar kita terhindar dari stroke, namun Olahraga teratur dan konsumsi menu harian yang sehat juga perlu diperhatikan,” tegasnya. adi

author