banner 468x60

Cuci Tangan Buat Anak Kebal Penyakit

369 views
iklan

Penakita | INGGRIS – Bukan tanpa alasan, seringnya anak menderita sakit sering bersumber dari kebiasaan-kebiasaan sederhana yang dilakukan setiap hari. Salah satunya dengan kebiasaan mencuci tangan setelah beraktivitas dan akan makan.

Survei yang dilakukan di Inggris menemukan, sekitar 40% anak sering mengabaikan kebiasaan cuci tangan. Bahkan lebih ironis, sekitar 75% diantara mereka mengaku tidak melakukan hal ini terlebih dahulu meski akan makan.

Seperti dari laman Dailymail, kebiasaan buruk ini menurut seorang peneliti dari Hygiene Washroom, menyebabkan anak atau seseorang rentan terserang bakteri dan virus. Selain itu, jika dibandingkan anak wanita, tangan anak pria umumnya lebih kotor.

Dr Peter Barratt, manajer teknis Hygiene Washroom, mengatakan, kepercayaan semakin kotor akan membuat proses belajar anak semakin baik telah membuatnya khawatir. Menurutnya, dengan membiasakan kebiasaan kotor pada anak, resiko yang ditimbulkan sangat berbahaya dengan konsekuensi serius yang disebabkan karena serangan virus dan bakteri jahat.

Survei yang dilakukan dengan melibatkan lebih dari 1.000 orang tua dan 500 anak-anak di 50 sekolah, menemukan, lebih dari dua pertiga anak-anak mengatakan orang tua mereka memainkan peran terbesar dalam mempengaruhi cuci tangan mereka kebiasaan.

“Banyak patogen umum yang dapat menyebar berawal dari tangan yang kurang higienis, seperti dari E-Coli dan Staphylococcus, yang pada akhirnya memicu timbulnya norovirus dan influenza. Namun bila secara teratur mencuci tangan dengan sabun dan air telah, kebiasaan ini terbukti mengurangi resiko penyebaran jenis patogen tersebut,” jelas Barratt.

author