banner 468x60

D4 Teknik Sipil Terbuka Bagi Penderita Buta Warna

451 views
iklan

logo ITSPenakita | SURABAYA – Jurusan D4 Teknik Sipil ITS yang baru dibuka mulai tahun ajaran 2013-2014 ternyata menerima calon mahasiswa yang buta warna. Ini tentu kesempatan emas bagi penderita buta warna yang selama ini terkesan dibatasi menempuh pendidikan sesuai keinginannya.

“Selama dia bisa mengikuti proses belajar, buta warna maupun tuna grahita bisa mendaftar,” ujar M Sigit Darmawan, Ketua Program Studi D4 Teknik Sipil, Senin (20/5/2013)

Ditambahkan Sigit, pendaftaran calon mahasiswa baru program D4 Teknik Sipil ITS ini berbeda dengan program studi lain. Jurusan ini tidak melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN, tetapi dilakukan mandiri. Pendaftar D4 Teknik Sipil bisa dari SMA, SMK maupun MA, asalkan jurusan IPA.

Alasannya, menurut Sigit, surat izin penyelenggaran jurusan ini baru diterima 9 November 2012, setelah pihak ITS mengirimkan kuota SNMPTN maupun SBMPTN ke dikti. “Jadi tidak sempat kalau harus diikutkan SNMPTN maupun SBMPTN,” tegas Sigit.

Meski program studi baru, Sigit optimis akan banyak peminatnya. Asumsi ini bertolak pada program D3 Teknik Sipil yang sudah lebih dulu ada. Setiap tahun tidak kurang dari 900 pendaftar yang mengikuti ujian D3, sementara kuotanya hanya 150 kursi.

“Kalau D4 ini kami target sekitar 500 pendaftaran,” ungkapnya. Banyaknya peminat ini dimungkinkan karena jurusan tersebut baru ada di Jawa Timur. Bahkan di Indonesia saat ini hanya ada dua di Politeknik Negeri Jakarta dan Politeknik Negeri Bandung. ari

author