banner 468x60

Dana Pengadaan Lahan SMKN Waru Dicoret

321 views
iklan

SIDOARJO – Pembangunan sekolah kejuruan negeri SMKN di Sidoarjo tidak bakal terealisasi. Pasalnya, pengadaan lahan untuk SMKN Waru sebesar Rp 18 miliar di APBD 2013 dicoret. “Tahun ini memang tidak dialokasikan anggaran untuk lahan SMKN Waru,” ujar anggota Komisi D DPRD Sidoarjo, dr Wijono, Kamis (24/1/2013).

Politisi PDIP ini menambahkan, dalam hearing dengan Dinas Pendidikan Kabupaten (Dikkab) Sidoarjo disepakati jika tahun 2013 ini hanya dialokasikan anggaran pengadaan lahan SMKN Prambon. Jika tahun sebelumnya hanya dianggarkan Rp 10 miliar, tahun ini ditambah sesuai kebutuhan.

“Untuk lahan SMKN Prambon sebenarnya tahun lalu sudah ditentukan harganya oleh tim appresial. Tapi pemilik lahan minta kenaikan harga,” tandasnya.

Dalam hearing dengan Dikkab, tambah dia, disepakati jika anggaran untuk pengadaan lahan SMKN Waru akan digunakan untuk kepentingan pendidikan lainnya. Seperti peninggian gedung SMAN 1 Sidoarjo yang selama ini banjir saat musim hujan.

Dana Rp 28 miliar itu kini akan digunakan untuk pengadaan lahan SMKN Prambon Rp 18 miliar dan sisanya untuk anggaran pendidikan lainnya. Seperi peninggian gedung SMAN 1 Sidoarjo dianggarkan Rp 2 miliar. “Tidak tahu sisanya untuk apalagi. Yang pasti untuk pengadaan lahan SMKN Prambon sekitar Rp 18 miliar,” tutur Wijono.

Kepala Dikkab Sidoarjo, Agoes Budi Tjahjono mengatakan dalam hearing dengan Komisi D sudah disepakati jika tahun ini yang dianggarkan hanya pengadaan lahan SMKN Prambon. “Tahun ini hanya dianggarkan dana untuk pengadaan lahan SMKN Prambon,” ujarnya.

Dalam APBD 2011 dan 2012, untuk pengadaan dua SMKN itu dialokasikan dana Rp 28 miliar. Untuk lahan SMKN Waru Rp 18 miliar dan SMKN Prambon Rp 10 miliar. Namun selama dua tahun anggaran itu tidak terserap.

author