banner 468x60

Dana RBOS untuk Kota Malang Sudah Cair

447 views
iklan

beasiswa2Penakita | MALANG – Ini kabar baik bagi siswa SMA dan SMK di Kota Malang. Pasalnya, dana Rintisan Bantuan Operasional Sekolah (RBOS) bulan Juli-Desember 2013 bagi siswa tersebut sudah cair.

Dana tersebut sudah ditransfer dan tinggal ambil untuk kebutuhan para siswa. Besar dana RBOS ini Rp 60.000/siswa per-semester yang dialokasikan untuk 16.938 siswa SMA dan 29.990 siswa SMK.

“Dana RBOS ini sebagai implementasi program pemerintah wajib belajar 12 tahun,” kata Suwarjana, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang.

Ditambahkan, alokasi RBOS ini untuk meningkatkan akses lulusan SMP agar bisa melanjutkan ke jenjang menengah atas, baik di SMA ataupun SMK. Selain RBOS, dana bantuan siswa miskin (BSM) pun juga sudah cair.

Namun ditekankan Suwarjana, bantuan dana BSM yang besarnya Rp 500.000/siswa per-semester ini untuk jenjang SMK saja. Keberadaan dana ini diharapkan dapat mengurangi penetapan sumbangan biaya pengembangan pendidikan SBPP sekolah-sekolah Kota Malang yang memang belum ditetapkan.

“Bantuan-bantuan ini tentunya juga masuk pertimbangan di rencana kegiatan sekolah (RKS), supaya bisa mengurangi beban wali murid juga,” cetus Suwarjana. sum

author