banner 468x60

Dari Busana Muslim Hingga Solar Dipajang di IAIN Sunan Ampel

395 views
iklan
dok ist

dok ist

Penakita | SURABAYA – Pameran dengan tema beda diselenggarakan di Kampus IAIN Sunan Ampel Surabaya selama sepekan sejak Selasa (19/3) lalu. Kegiatan bertajuk Ponpes Outlook 2013 ini menampilkan berbagai produk andalan dari pondok pesantren (ponpes) se-Jawa Timur.

Puluhan stan pameran menghiasi halaman depan kampus IAIN Sunan Ampel yang menampilkan hasil kreasi dan kegiatan ekonomi kecil di masing-masing ponpes. Diantaranya berupa pernik-pernik kerajinan tangan, seperti bros, kalung dari batu-batuan, dan aksesori lainnya.

Juga ada berbagai model busana muslim, jilbab, songkok, mukena, dan biro perjalanan haji dan umroh, yang dijalankan para santri. Salah satu yang paling mencolok adalah stan Ponpes Sunan Drajat, Paciran, Lamongan.

Di stan berukuran enam meter bersegi itu dipamerkan pohon jarak. “Ini solar yang dibuat dari biji pohon jarak. Dibuat oleh para santri sendiri,” tutur Zaenuri Lutfi, pengurus Ponpes Sunan Drajat.

Menurut Lutfi, di ponpesnya banyak kegiatan menciptakan produk yang ramah lingkungan, bahan yang mudah dan murah didapat, serta bisa dipasarkan secara luas. Diantaranya yaitu budidaya kebun tanaman jarak yang diolah sebagai bahan bakar alternatif, yaitu solar.

Solar ini bisa dimanfaatkan untuk mengisi mesin generator atau apa saja yang dipergunakan di ponpes. Solar dari biji pohon jarak itu sudah mereka praktikkan sejak tujuh tahun terakhir.

“Kami punya kebun yang ditanami jarak. Itu awalnya, kemudian secara berkala tanaman jarak ini kami ambil sebagai bahan baku untuk membuat bahan bakar alternatif. Hasilnya jadi solar,” jelas Zaenuri.

Selain minyak solar dari pohon jarak, di stan itu juga dipajang garam dapur beryodium, madu, kurma nabi, dan air mineral sulingan ponpes. “Garam beryodium ini kami produksi sendiri dengan menggunakan lahan di pinggir pantai utara. Ada pendampingan dari kampus Universitas Hang Tuah Surabaya,” tutur Abdul Rochman, petugas Koperasi Ponpes Sunan Drajat.

Pameran Ponpes Outlook 2013 ini, juga digelar serasehan dan talkshow yang menampilkan tema dan narasumber berbeda setiap hari. Sejumlah tokoh yang tampil sebagai narasumber adalah Kapolda Jatim, Irjen Pol Hadiatmoko, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh, dan tokoh Islam, Dr Syekh Muhammad Ismail Zein. ari

author