banner 468x60

Deteksi Penyakit Lewat Kuku? Ini Caranya!

502 views
iklan

Mendeteksi-Penyakit-dengan-KukuPenakita | SURABAYA – Mendeteksi kesehatan tak selalu didapat dari dokter. Karena jika kita tahu caranya, diagnosis penyakit bisa dilakukan dengan sangat sederhana. Jika orang berujar semudah ujung kuku, maka cara ini juga bisa kita lakukan dengan melihat warna kuku.

Seperti dikutip dari Health Me Up, warna dan struktur kuku tak selamanya berhubungan dengan hal estetika. Karena ternyata, warna dan struktur pada kuku yang terjadi secara alami dapat juga mengindikasikan sebuah masalah kesehatan yang sedang dialami seseorang.

Mudah patah. Umumnya hal ini menandakan Anda sedang memilki emosi yang kurang stabil. Orang dengan ciri ini biasanya sedang mengalami depresi atau mengalami sindrom gangguan jaringan dan alopecia atau kerontokan rambut.

Wana menguning dan struktur menebal. Jika hal ini terjadi pada Anda, biasanya berasal dari jamur yang menyerang beberapa bagian anggota tubuh. Deteksi dini dan segera mengatasinya akan membuat warna kuning pada kuku cepat hilang.

Kuku putih dan pucat. Biasanya hal ini menandai masalah anemia yang sedang dimiliki oleh pemilik kuku. Selain itu juga bisa menjadi tanda awal diabetes atau penyakit hati.

Kuku biru. Bukan karena kecelakaan, warna biru yang muncul secara alami umumnya menandakan seseorang sedang bermasakah dengan kekurangan oksigen. Hal ini bisa juga disebakan karena masalah kesehatan lain yang lebih buruk, diantaranya bisa karena infeksi paru-paru atau masalah jantung.

Garis putih. Biasanya tanda ini muncul lebih pada satu kuku dan dalam istilah medis biasa disebut Muehrcke. Ciri ini biasanya menandai seseorang sedang mengalami masalah di bagian ginjal karena kekurangan protein dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.

Garis merah. Bagian ini umumnya disebabkan karena darah yang mengering. Mereka dengan ciri kuku seperti ini biasanya sedang mengalami masalah pada jantung. Tapi tak selalu hal ini berkaitan, karena bisa jadi hal ini disebabkan karena cidera biasa.

Kuku berbentuk cekung. Hati-hati jika kuku Anda berbentuk cekung seperti sendok. Karena bisa jadi hal ini menandakan Anda sedang bermasalah dengan zat besi atau sedang memiliki masalah di bagian hati. adi

author