banner 468x60

Didukung Jaringan Internet, Belajar di UT Jadi Makin Mudah

450 views
iklan

Universitas TerbukaPenakita | JAKARTA – Universitas Terbuka (UT) memasuki babak baru. Pendidikan yang meretas jarak, ruang, dan waktu serta sudah berlangsung puluhan tahun itu kini bisa dilakukan melalui jaringan internet (online).

Lewat sistem pembelajaran jarak jauh antara mahasiswa dan dosen melalui jaringan internet atau online ini kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan lebih mudah. “Dengan kemajuan teknologi informasi, tidak ada lagi alasan bagi siapapun, termasuk para profesional, untuk terhenti menuntut ilmu dan memperbaharui kapasitas dirinya sendiri secara berkelanjutan,” demikian kata Tian Belawati, Rektor Universitas Terbuka, pada acara Seminar Sumber Daya Manusia di Jakarta, Rabu (3/7/2013).

Dukungan teknologi internet, lanjut Tian, diharapkan para siswa yang saat ini sedang sibuk menjalani pekerjaannya pun makin dimudahkan dalam mendalami ilmu yang diinginkan. “Istilah jarak jauh mengandung pengertian adanya jarak antara belajar dan yang diajar. Jarak ini dijembatani oleh media yang khusus dikembangkan untuk sistem belajar jarak jauh,” tuturnya.

Selain itu, sistem pembelajaran jarak jauh dan terbuka membuat mahasiswa dapat menentukan sendiri waktu kuliah mereka  disesuaikan waktu bekerja masing-masing. “Selain secara online, mahasiswa juga bisa mengikuti pembelajaran tatap muka yang disediakan,” ucap Mohamad Yunus, Pembantu Rektor IV Bidang Kerjasama UT.

Dengan pembelajaran jarak jauh yang bisa diatur waktunya sesuai kesempatan masing-masing siswa, tentu pula berdampak pada minimnya biaya yang dikeluarkan yang bersangkutan. Karena itu, sistem UT ini bisa menjangkau berbagai lapisan masyarakat Indonesia ingin melanjutkan pendidikan dengan biaya murah. dde

author