banner 468x60

Dindik Kota Surabaya Tambah 4 SMK Baru

395 views
iklan

smk bisaPenakita | SURABAYA – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya bakal menambah jumlah SMK pada tahun ajaran 2014 mendatang. Tidak hanya satu, Dindik Kota Surabaya bahkan mencanangkan penambahan empat SMK sekalgus.

Dindik Kota Surabaya juga sudah memastikan, keempat SMK itu masing-masing untuk program studi pelayaran, penerbangan, kimia, dan kesehatan. “Empat studi baru ini tidak dijadikan satu sekolah, tapi masing-masing dibuatkan sekolah sendiri agar lebih fokus belajarnya,” ungkap Dr Ikhsan SPsi MM, Kepala Dindik Kota Surabaya.

Menurut Ikhsan, prestasi yang sudah ditunjukkan oleh para pelajar SMK tak ayal membuat lulusan SMP makin antusias masuk ke sekolah kejuruan ini. Apalagi jebolan SMK tak mengalami kesulitan untuk mendapat lapangan pekerjaan.

Dari fenomena tersebut, wajar bila komposisi lulusan SMP yang masuk ke SMK terus bertambah. “Tahun 2012, siswa lulusan SMP yang ke ke SMK sebanyak 45 persen. Sisanya masuk SMA,” ujar Ikhsan.

Dengan penambahan SMK tersebut diharapkan lulusan SMP nantinya bisa memilih sesuai minat dan bakatnya.
“Intinya kami ingin anak-anak ini masuk dalam industri kreatif. Siswa  bisa mengembangkan potensinya masing-masing agar bisa memberikan manfaat untuk masyarakat,” tandasnya.

Ditambahkan pula, penambahan SMK itu untuk memenuhi kebutuhan tenaga praktisi dalam bidang profesi tertentu yang belakangan terus meningkat. “Seperti misanya, sebagai kota maritim Surabaya pasti perlu pelayar andal. Surabaya juga memiliki banyak rumah sakit, pasti butuh tenaga praktisi medis,” katanya.

Untuk program studi kimia, lanjut Ikhsan, bisa memenuhi kebutuhan tenaga ahli kimia farmasi. “Kalau penerbangan, sementara hanya mencetak teknisi pesawat,” cetus Ikhsan. ari

author