banner 468x60

Dindik Kota Yogyakarta Siapkan Kelas Khusus Siswa Cerdas

367 views
iklan

tugu-jogja1Penakita | YOGYAKARTA – Siswa cerdas perlu pendekatan berbeda agar potensi yang dimiliki bisa mendapat saluran yang benar. Atas kesadaran tersebut Dinas Pendidikan (dindik) Yogyakarta membuka kelas cerdas istimewa untuk tingkat sekolah dasar (SD).

Kelas khusus ini sebetulnya sudah dimulai tahun ajaran 2012-2013 lalu. “Dan hasilnya cukup bagus. Karena itu, pada 2013 ini kembali dibuka kelas baru untuk jenjang yang sama,” cetus Edy Heri Suasana, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Ditambahkan Edy, tujuan dibukanya kelas cerdas istimewa tersebut adalah untuk menampung siswa yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi sehingga pendekatan pembelajaran yang diterapkan pun berbeda bila dibanding kelas reguler. Pada tahun ajaran 2013/2014, SD yang akan membuka pendaftaran siswa baru untuk kelas cerdas istimewa juga akan ditambah dari semula hanya satu sekolah menjadi empat sekolah.

Pada tahun ajaran 2012/2013, siswa kelas cerdas istimewa hanya dilayani di SD Negeri Ungaran. Kini ditambah lagi di SD Negeri Giwangan, SD Negeri Pujokusuman, dan SD Negeri Tegalrejo 3.

Selain menambah jumlah sekolah, Dindik Kota Yogyakarta juga meningkatkan persyaratan bagi calon siswa yang akan mendaftar, yaitu dari tingkat intelegensi. Syarat tingkat kecerdasan (IQ) minimal dinaikkan dari 125 (yang diberlakukan pada 2012) menjadi 130. “Di samping tingkat kecerdasan, calon siswa yang akan masuk kelas cerdas istimewa ini juga harus memiliki bakat dan kreativitas tinggi. Dalam proses penerimaan siswa baru kelas cerdas istimewa ini, kami bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM),” paparnya. dde

author