banner 468x60

Dindik Siap Beri Konsultasi Siswa yang Keberatan Hasil TPA

419 views
iklan

Ikhsan2Penakita | SURABAYA – Keinginan masyarakat agar hasil pembahasan kunci jawaban Tes Potensi Akademik (TPA) dibuka ke publik tampaknya tidak akan terpenuhi. Pasalnya, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya, Drs Ikhsan MSi menegaskan, bahwa ada norma kerahasiaan yang harus dijaga dalam ilmu psikologi.

“Karena ada norma-normanya, maka hasilnya tidak mudah dibuka,” tegas Ikhsan, Sabtu (22/6/2013).

Namun, secara terpisah, Seger Handoyo, Penanggung Jawab TPA Kota Surabaya memberi peluang konsultasi bagi pihak yang keberatan atas hasil skoring TPA masing-masing.

“Kalau merasa keberatan, kami akan layani untuk konsultasi. Dan kami akan menunjukkan satu per satu ke peserta yang keberatan. Itu kalau memang mendesak,” ujarnya.

Dekan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga ini menambahkan, hasil TPA ini rencananya diserahkan ke Dindik Surabaya, Senin (24/6/2013) lusa. Selanjutnya, kelulusan siswa SMP kawasan ini diumumkan pada Rabu (25/6/2013).

TPA ini berisi 185 soal, terdiri dari 65 tes verbal, serta masing-masing 60 soal tes numerikal dan figural. Soal-soal tersebut harus dikerjakan selama dua jam, mulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB.  ari

author