banner 468x60

Dindik Surabaya Sebar Relawan di Kelurahan dan Mall untuk Mudahkan PPDB

557 views
iklan

PPDB sbyaPenakita | SURABAYA – Pendaftaran untuk masuk sekolah negeri di Surabaya kini tak lagi sulit. Bahkan tak perlu datang ke sekolah yang diinginkan.

Cukup datang ke kelurahan urusan cepat beres. Di sini, orangtua murid bisa mengakses laman pendaftaran peserta didik baru (PPDB) di website Dinas Pendidikan Surabaya.

Untuk memudahkan pendaftaran ini, Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya memang menyebar relawan lengkap dengan komputer (laptop) dan siap membantu warga. Tidak hanya di kelurahan. Relawan berikut piranti komputernya juga disediakan di kecamatan serta sejumlah mal di Surabaya.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Kepala Dindik Surabaya, Ikhsan mengumpulkan sejumlah perwakilan perguruan tinggi, pengelola mall dan provider seluler, Rabu (8/5/2013) lalu. Ikhsan memastikan layanan di kelurahan, kecamatan dan mall ini akan dibuka selama jam kerja mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Piranti komputer dan laptop yang dipakai adalah hasil pinjaman dari sejumlah perguruan tinggi. Begitu juga tenaga relawannya yang akan diambilkan dari mahasiswa perguruan tinggi tersebut.

“Kalau dihitung di Surabaya ada 160 kelurahan dan 31 kecamatan berarti kami butuh 191 komputer. Itu belum termasuk layanan di UPTD Dindik kecamatan maupun di mal-mal,” paparnya.

Namun, Ikhsan belum bisa memastikan jumlah perguruan tinggi dan mal yang diajak kerjasama untuk program ini. “Sekarang masih kami data. Semakin banyak tentu semakin baik dan bisa membantu memperlancar tugas ini,” ungkapnya.

Sementara untuk provider seluler diperlukan agar memberikan layanan murah bagi wali murid yang membutuhkan informasi terkait PPDB.
Hal itu dimungkinkan karena selama PPDB Dindik membuka layanan SMS berkaitan PPDB.

Informasi yang bisa ditanyakan via SMS yakni hasil rangking siswa, nilai sementara sekolah, informasi cek data peserta, informasi alamat & pagu sekolah, informasi validasi (rekomendasi, mutasi, dan tahun Lalu), serta berita/pengumuman terakhir.

Untuk mendapatkan informasi hasil rangking siswa, tinggal mengetik SUB<SPASI>HASIL<SPASI>NO UN.

Contoh respon yang akan didapat
No UN 21345678901234 posisi sementara di smp 13 urutan 12 dari pagu 324
(JIKA DATA SALAH) No UN 21345678901234 tidak ada dalam database, mohon cek kembali no peserta anda

Hal ini berlaku untuk layanan lainnya. “Saat ini kami masih komunikasi dengan semua provider. Belum semua provider memberikan jawaban. Baru Telkom Flexi yang sudah sanggup memberikan keringanan biaya Rp 1 per SMS,” cetus Ikhsan. ari

author