banner 468x60

Dindik Surabaya Siapkan Instruktur Pendamping LOS

412 views
iklan

OSISPenakita | SURABAYA – Sebelum diterapkan di sekolah-sekolah, Layanan Orientasi Sekolah (LOS) ini terlebih dulu akan disosialisasikan ke Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Dengan demikian semua pihak terkait diharap bisa memahami dan menerapkan LOS dengan tepat.

“Masing-masing sekolah akan mengirimkan perwakilan lima orang pengurus,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya, Dr Ikhsan MSi, Selasa (25/6/2013).

Menurut Ikhsan, begitu usai sosialisasi LOS, masing-masing sekolah merumuskan sendiri teknis yang akan dilakukan. Di samping rumusan yang dibuat sekolah, Dindik akan menyiapkan instruktur yang bertugas sebagai pendamping di masing-masing sekolah.

Ditegaskan pula, kegiatan LOS diterapkan serentak di sekolah masing-masing. Seluruh kreativitas yang telah dikonsep masing-masing sekolah ini akan dilombakan dan dinilai. Penilaiannya akan dilakukan melalui internet juga.

“Wujudnya, bisa saja dalam bentuk bakti lingkungan atau bakti sosial,” paparnya.

Sebagaimana diberitakan, Dindik Surabaya ancang-ancang merubah konsep MOS yang dilaksanakan bersamaan dengan hadirnya siswa baru. Pembenahan konsep itu diharapkan bisa merubah image MOS yang selama ini identik dengan tindak kekerasan.

Ada empat hal utama yang menjadi inti dalam LOS. Di antaranya adalah pembentukan kesan pertama terhadap siswa baru, wawasan tentang internet sehat, bakti lingkungan oleh seluruh peserta LOS, dan yang terakhir adalah lomba melalui internet. ari

author