banner 468x60

Disediakan Beasiswa Bagi Mahasiswa Disable Universitas Brawijaya

437 views
iklan

psld-2Penakita | MALANG – Universitas Brawijaya (UB) Malang kembali menerima mahasiswa disable atau berkebutuhan khusus untuk berbagai macam program studi (prodi). Jumlah mahasis disable yang diterima sama seperti tahun lalu, yaitu 20 orang.

Menurut Sudjito, Ketua Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) Universitas Brawijaya (UB), mekanisme penerimaannya pun masih sama seperti tahun lalu, yakni melalui Seleksi Khusus Program Penyandang Disabilitas (SKPPD).

Ditambahkan Sudjito, pembukaan program itu pada 20 Mei 2013 itu bertujuan untuk mempercepat terwujudnya keadlian bagi penyandang disabilitas dalam mendapatkan akses pendidikan yang lebih tinggi. “Program ini merupakan tahun kedua. Kami ingin menjadikan UB sebagai kampus pelopor pendidikan inklusi bagi penyandang disabilitas di jenjang pendidikan tinggi,” katanya.

Sudjito mengklaim, pembukaan program bagi pelajar berkebutuhan khusus di UB merupakan yang pertama di Indonesia, dan diharapkan hal yang sama bisa ditiru perguruan tinggi lainnya. “Dijamin fasilitas perkuliahan dan akses bisa dijangkau mahasiswa disable. Sebab semua gedung baru sudah didesain sesuai kebutuhan mahasiswa disable. Kami bahkan menyediakan pendamping belajar yang disesuaikan kebutuhan mahasiswa disable,” ujar Sudjito.

Disinggung soal beasiswa bagi mahasiswa berkebutuhan khusus yang tidak mampu, Bambang Suharto, Pembantu Rektor I UB menyatakan, UB menyediakan beasiswa seperti yang diberikan pada mahasiswa lain. “Namun, tentu melalui tes secara akademik, psikotes, dan wawancara,” bebernya sambil menambahkan, pihaknya sudah mengalokasikan beasiswa bagi penyandang disable, namun banyak yang menolak lantaran mereka berasal dari keluarga mampu.

“Tetapi jika tahun ini ada yang mengajukan kami tetap menyediakan,” tegas Bambang. “Kami juga membuka pendaftaran melalui online dan manual dengan menyerahkan berkas ke kantor PSLD,” pungkasnya. sum

author