banner 468x60

Distribusi Buku Ajar Kurikulum 2013 Tak Libatkan Dindik

395 views
iklan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh

Penakita | SURABAYA – Distribusi buku ajar kurikulum pendidikan 2013 tidak akan melibatkan Dinas Pendidikan (Dindik) di provinsi maupun kabupaten/kota. Sesuai rencana, distribusi ini akan ditangani Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI bersama perusahaan yang mencetak buku ajar langsung ke seluruh lembaga sekolah.

“Buku tidak akan lagi mampir ke Dindik, sehingga langsung ke sekolah,” ungkap M Nuh ketika ditemui PENAKITA.com di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (Unipa), Senin (1/4/2013).

Dengan demikian, Dindik masing-masing daerah maupun Dindik Propinsi tidak akan memiliki alasan lagi untuk menarik ongkos kirim dari sekolah-sekolah. Jika sampai ada ongkos, lanjut Nuh, hal itu justru akan menjadi masalah tersendiri dalam pelaksanaan kurikulum baru ini.

Dalam penyiapan buku ini, Nuh optimis tidak akan terjadi masalah seperti halnya buku rusak atau tidak sampai di sekolah. Untuk itulah dia meyakini tidak perlunya peran Dindik, kecuali hanya untuk monitoring. Distribusi yang rencananya dilakukan mulai Juni mendatang ini diakui Nuh juga akan diawasi tim pemantau Kemendikbud di tiap kabupaten/ kota.

“Ini buku baru, jadi tidak mungkin rusak. Kalaupun ada, nanti bisa lapor ke pemantau yang disiapkan di kabupaten/kota,” ucap Nuh.ika

author