banner 468x60

Donat Biji Nangka ala Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta

512 views
iklan

donatqPenakita | YOGYAKARTA – Satu lagi prestasi digoreskan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Kali ini, lewat tangan trampil Gibson SH Marbun, Pambudi Tedjo YR, dan Ragil Nurjannah R diperoleh suguhan kue donat yang mereka beri nama Dobina (Donat Biji Nangka).

Lewat penelitian berjudul Komparasi Uji Karbohidrat, Lemak, Protein, dan Amilum antara Donat Tepung Biji Nangka dan Donat Tepung Terigu ketiga mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam perguruan tinggi tersebut sukses memanfaatkan biji nangka sebagai bahan untuk membuat kue donat.

Biji nangka sebagai sumber karbohidrat, protein, dan energi diyakini para mahasiswa ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan yang potensial. “Biji nangka juga merupakan sumber mineral yang baik,” kata koordinator tim mahasiswa Senja Dewi.

Pembuatan donat, lanjut Senja, merupakan salah satu cara mengolah makanan agar dapat bervariasi dan memenuhi cita rasa. Meskipun banyak variasi, yang paling penting dari pembuatan kue donat adalah bahan bakunya yakni tepung.

“Tepung biji nangka mengandung nilai gizi lebih tinggi dibandingkan tepung terigu. Pembuatan tepung biji nangka, yakni mencuci biji nangka kemudian merebusnya hingga matang untuk membuang getahnya,” begitu paparnya.

Biji nangka yang sudah masak didinginkan ini lalu dipotong tipis-tipis dan dikeringkan di bawah sinar matahari kemudian digiling untuk dijadikan tepung. Untuk mendapatkan tepung yang halus, tepung diayak terlebih dulu agar terpisah dari serat-serat yang masih kasar.

Menurut Senja Dewi,”Dari hasil komparasi bisa disimpulkan bahwa tepung biji nangka mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan amilum yang lebih baik dibandingkan tepung terigu.”

Ditambahkan pula, selama ini masyarakat hanya memanfaatkan daging nangka, sedangkan bijinya belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal, biji nangka mengandung karbohidrat cukup tinggi yakni dalam 100 gram biji nangka mengandung karbohidrat sebesar 36,7 gram.

Kandungan karbohidrat biji nangka, lanjutnya, memang lebih rendah dibandingkan dengan beras. Kandungan karbohidrat 100 gram beras sebesar 78,9 gram.

“Dua kilogram biji nangka sebanding dengan satu kilogram beras. Biji nangka dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan pangan yang cukup bergizi karena masih adanya kandungan zat lain yang lebih tinggi dibandingkan makanan penghasil karbohidrat lainnya seperti zat besi dan vitamin B1,” ungkap Senja. dde

author