banner 468x60

Dorong Warga Kurangi Sampah Plastik, Astra Wujudkan Kampung Berseri Astra Pulau Pramuka

iklan
Astra mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengurangi pemakaian plastik sekali pakai lewat gerakan ‘Semangat Kurangi Plastik’.

penakita.com | JAKARTA – Sejalan dengan Gerakan Semangat Kurangi Plastik yang diluncurkan Astra bertepatan pada ulang tahun ke-63 Februari lalu, Astra mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengurangi pemakaian plastik sekali pakai.

Gerakan sosial ‘Semangat Kurangi Plastik’ tersebut salah satunya dilakukan oleh warga di Kampung Berseri Astra Pulau Pramuka.

Tidak hanya belajar membuang sampah pada tempatnya, warga Kampung Berseri Astra (KBA) Pulau Pramuka juga belajar untuk memilah cara membuang sampah ke dalam Kotak Semangat Astra yang telah tersedia.

Kotak Semangat Astra disediakan di KBA Pulau Pramuka guna memudahkan penduduk dalam memilah jenis sampah plastik yang dibuang.

Kotak Semangat Astra merupakan kotak yang disediakan Astra dan Grup Astra untuk menampung plastik dari masyarakat. Kotak ini akan tersebar di berbagai instalasi perusahaan-perusahaan Grup Astra di seluruh Indonesia.

Selain memanfaatkan Kotak Semangat Astra, warga KBA Pulau Pramuka juga saling bahu membahu dan bergerak memanfaatkan sampah plastik menjadi barang jual yang memiliki nilai.

“Semangat menjaga lingkungan ibu pertiwi, dipelopori oleh kaum ibu yang terus berkontribusi tanpa henti,” ujar Mahariah, Pelopor KBA Pulau Pramuka.

KBA Pulau Pramuka yang dipelopori Mahariah merupakan satu dari 87 Kampung Berseri Astra yang tersebar di seluruh Indonesia. Semangat Mahariah dan warga KBA Pulau Pramuka dalam mengurangi sampah plastik sekali pakai untuk kualitas kehidupan yang lebih baik sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

Menurut Mahariah, tumpukan sampah plastik yang berserak di lautan semakin meresahkan. Apalagi untuk kepulauan seperti Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu.

Mahariah bersyukur, kebiasaan lama warga yang kerap kali membuang sampah ke lautan kini berubah menjadi kebiasaan baru yang lebih mencintai lingkungan. Dimulai dengan gerakan tidak lagi membuang sampah sembarangan apalagi membuangnya ke lautan. wid

author