banner 468x60

DPRD Jember Berjanji Panggil Kepala SMK Berdikari

454 views
iklan

SMK berdikariPenakita | JEMBER – Ketua Komisi C DPRD Jember, M Asir menyesalkan sikap SMK Berdikari yang berkukuh menahan ijazah muridnya meski sudah melampirkan surat keterangan tidak mampu. Karena itu, Asir menegaskan bakal memanggil Kepala SMK Berdikari bila tidak ada tindakan lebih lanjut setelah pihak sekolah melakukan survei seperti yang dijanjikan.

Menurut Asir, tindakan tersebut jelas menghalangi murid yang bersangkutan mencari pekerjaan demi masa depannya. “Ini bukan kasus pertama. Karena itu kami akan rekomendasikan ke bupati agar kasus penahanan ijazah ini tidak terjadi lagi,” tandasnya.

“Jangan murid yang menjadi korban. Hak mereka untuk mendapatkan ijazah, apalagi jika ijazah itu untuk bekal melamar kerja,” tegas Miftahul Ulum, Wakil Ketua DPRD Jember.

Ijazah Kurniawan (21) dan Irfan Prasetyo Sasongko (22) yang sudah lulus dari SMK Berdikari sejak setahun silam ditahan SMK Berdikari lantaran mereka masih punya tanggungan biaya pendidikan masing-masing sebesar Rp 2 juta. Pihak keluarga sudah melakukan berbagai upaya, termasuk mengajukan surat keterangan tidak mampu. Namun sekolah masih memakai sejumlah alasan, sehingga ijazah itu tidak bisa langsung diterima.

Sebelumnya, Nurhasanah seorang murid di Kecamatan Sukorambi juga terkendala ijazah untuk melanjutkan sekolah ke SMA. Sebab ijazahnya ditahan pihak sekolah juga karena persoalan belum menyelesaikan tanggungan biaya pendidikan. ari

author