banner 468x60

Dua Jam Dibuka, 10 Pendaftar PPDB Tiap Menit

384 views
iklan

PPDB sekolah kawasan SurabayaPenakita | SURABAYA – Peminat sekolah kawasan tingkat SMP dan SMA benar-benar membeludak. Hanya dalam waktu dua jam sejak Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Surabaya yang sudah dibuka mulai pukul 08.00 WIB Minggu (16/6) sudah tercatat lebih dari dua ribu pendaftar.

Namun, dari data yang masuk menunjukkan peminat sekolah kawasan untuk tingkat SMP masih lebih banyak dibanding SMA. Catatan panitia PPDB Surabaya selama dua jam pendaftaran menunjukkan, pendaftar SMP Kawasan mencapai 1.300, sedang untuk SMA masih sekitar seribuan.

Artinya, ada 10 calon siswa yang mendaftar ke SMP kawasan tiap menitnya. “Siswa lulusan SMP ini tampaknya masih melakukan perhitungan tingkat persaingannya, sehingga pendaftar di jalur SMA kawasan masih kalah dibanding SMP kawasan,” ungkap Eko Prasetyaningsih, Humas PPDB Kota Surabaya

Meski standar nilai ujian nasional (UN) sebagai syarat masuk SMA kawasan sempat diturunkan, persaingan perebutan kursi SMA kawasan sebetulnya tidak terlalu ketat dibanding tingkat SMP. Seperti diberitakan sebelumnya, grade rerata nilai UN diturunkan dari semula 8,50 (total 34,00) menjadi 8,00 (total 32,00). Selain itu, syarat untuk nilai minimal tiap mata ujian pun diturunkan dari 7,50 menjadi 7,25.

Sebelum standar nilai UN ’diperlunak’, lulusan SMP/MTs yang memenuhi syarat mendaftar SMA kawasan ada 6.718 siswa dari total 38.800 lulusan se-Surabaya. Dan setelah grade diturunkan, lulusan yang bisa mendaftar sekitar 17.600 siswa.

Sedangkan kuota SMA kawasan ada 4.218 kursi. Artinya, persaingannya nanti satu kursi bisa direbut empat pendaftar.

Sementara minimal nilai UN yang menjadi syarat masuk SMP kawasan tidak diturunkan standarnya seperti pada SMA kawasan. Tetap rerata 8,50 (total 25,40) dan batas minimal masing-masing pelajaran 7,50. ari

author