banner 468x60

Dua Siswa SD Sabet Juara Nasional Lomba Robot

482 views
iklan
Siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya juara Lomba Robot

Siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya juara Lomba Robot

Penakita | SURABAYA – Predikat sekolah robot tidak bisa lepas dari SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Sekolah yang berada di Jl Pucang Anom Surabaya ini berhasil memenangkan setiap lomba robot tingkat kota hingga nasional yang diikutinya.

Terbaru, dua siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya ini berhasil mengukir prestasi tingkat nasional. Mereka adalah Emirtry Sulaiman dan Nabil Hadjoe, siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 4 Pucang. Keduanya menjadi juara dalam lomba robot tingkat nasional yang diselenggarakan SMAN 1 Sidoarjo dengan tema SMANISDA Competion 2013 tingkat nasional.

Emirtry Sulaiman menjadi juara ke-2 dan Nabil Hadjoe menjadi juara ke-3 dalam kategori Maze Solving yang dijalankan secara individu. Untuk menjadi sang juara, kedua siswa ini harus menyingkirkan 90 peserta yang berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Kediri, Gresik, Ngawi, Malang, Solo, Semarang, dan Bali.

Dengan keseriusan dan tingkat juang tinggi, kedua siswa ini berhasil mengalahkan rival-rivalnya. Cara-cara menyetting robot dengan kecepatan tinggi membuat kesalahan sangat minim. Karena, untuk membuat setting pas membutuhkan konsentrasi dan latihan yang lebih intensif. “Kesulitannya saat setting robot,” celetuk Emir panggilan akrab Emirtry Sulaiman kepada PENAKITA.com, Selasa (9/4/2013).

Emir mengaku, lomba kali ini agak sulit dari lomba-lomba yang diikutinya selama ini. Pasalnya, proses mensetting robot sering terjadi error. Padahal, dalam lomba membutuhkan pemikiran yang cepat supaya bisa menuntaskan kegiatan dengan baik dan sesuai waktu yang ditentukan panitia.

Lomba ini, ungkap dia, sengaja diikuti untuk dijadikan sebagai pemanasan sebelum mengikuti lomba tingkat nasional di Bandung dan tingkat internasional di Australia. Untuk itu, proses persiapan dilakukan dengan serius. “Saya berharap bisa menang dalam lomba-lomba berikutnya,” kata Emir. ika

author