Dua Siswa SMAN 3 Malang Ini Sabet Emas di OSN 2014

Miftahul Fahmi (kanan) bersama Nanda Adi Kurniawan.

Miftahul Fahmi (kanan) bersama Nanda Adi Kurniawan.

Penakita | MALANG – Dua siswa SMA Negeri 3 Kota Malanng menorehkan prestasi tingkat nasional. Miftahul Fahmi dan Nanda Adi Kurniawan sama-sama mendapat medali emas di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2014 yang berlangsung di Mataram, awal September lalu.

Miftahul Fahmi dapat penghargaan tertinggi untuk bidang Astronomi, sedang Nanda Adi Kurniawan di bidang Kebumian. “Kami senang bisa mengharumkan nama sekolah dan Kota Malang di OSN,” cetus Miftahul yang diamini Nanda.

Yang lebih membanggakan, prestasi di pentas OSN 2014 ini tak cuma diraih Miftahul dan Nanda. SMA Negeri 3 Kota Malang juga mendapat medali perak dan perunggu untuk kategori berbeda.

Penghargaan itu diraih Hikari Arif (medali perak Astronomi), Izzah Wahidiah (medali perunggu bidang Kebumian),  dan Nindya Permata (medali perunggu bidang Biologi). Namun, baik Miftahul maupun Nanda yang sama-sama kelas 12 IPA, perjuangan yang mereka lakukan itu baru awal.

“Setelah ini masih ada seleksi pelatnas, dan olimpiade internasional,” imbuh Nanda.

Selain medali emas bidang Astronomi, Fahmi juga mendapat The Best Theory dalam OSN tersebut. “The Best Theory didapatkan Fahmi usai mengerjakan tiga tahapan ujian teori, dan dua tahapan ujian praktek. Menurut penilaian dewan juri, Fahmi mendapat nilai paling tinggi dibandingkan 90 peserta OSN yang lain,” ungkap M Sulthon, Kepala SMAN 3 Kota Malang.

Ditambahkan pula bahwa prestasi yang dicapai anak didiknya itu tidak dicapai dalam waktu seketika. Tim OSN SMAN 3 Kota Malang yang berjumlah sembilan siswa tersebut sudah dibina sekolah sejak duduk di kelas 10. “Saat ini memang giliran mereka untuk berhasil,” pungkasnya. sum