banner 468x60

Dua Tahun Lagi Seluruh Wilayah Indonesia Terjangkau Internet

398 views
iklan

internetPenakita | JAKARTA – Maraknya pemakaian telepon seluler maupun telepon pintar (smarphone) belakangan juga mendorong peningkatan penggunaan internet dari perangkat mobile ini. Data Mary Meeker dari firma Kleiner Perkins Caufield & Byers Meeker pada Mei 2009 menunjukkan pemakai internet dari perangkat mobile hanyalah 0,9 persen dari total lalu lintas internet dunia.

Tahun berikutnya (2010), angka tersebut meningkat hingga 2,4 persen. Dan pada Mei 2013, pengguna internet mobile global sudah mencapai angka 15 persen dan diperkirakan melonjak hingga 30 persen pada akhir tahun 2014.

Di Indonesia, pemakai internet dipastikan bakal kian mengalami lonjakan dalam kurun waktu dua tahun mendatang. Pasalnya, pada 2015, pemerintah mencanangkan koneksi internet sudah menjangkau seluruh Tanah Air sehingga diharapkan tak ada lagi gangguan dalam penggunaan jasa informasi dan telekomunikasi (IT) ini.

“Kemudahan akses internet ini tentu sangat penting dan diperlukan untuk banyak kegiatan, tidak hanya di dunia pendidikan dan bisnis, namun juga beragam tugas di lingkungan pemerintahan dan swasta,” kata Suprawoto, staf Ahli Menkominfo Bidang Sosial Ekonomi dan Budaya.

Ditambahkan, melalui perangkat komunikasi yang canggih dan modern ini segala kegiatan dapat dilakukan dengan cepat. Proses pengiriman surat misalnya, yang dulu perlu waktu berhari-hari kini bisa dilakukan dalam sekejap lewat fasilitas surat elektronik (email). dde

author