banner 468x60

Dukung Sekolah Gratis, Bantuan Pendidikan di Kota Malang Akan Ditambah

406 views
iklan

uang_kuliahPenakita | MALANG – Bantuan pendidikan untuk wilayah Pemkot Malang yang besarannya Rp 80.000 sifatnya hanya sementara. Pada pembahasan APBD Induk 2014 mendatang anggaran pendidikan untuk program pendidikan sekolah gratis kemungkinan besar berubah.

Bantuan pendidikan itu menggunakan standar pelayanan minimal (SPM) untuk sekolah gratis SD-SMP.  “Angka Rp 80.000 hanya anggaran sementara dari penambahan anggaran keuangan (PAK) pendidikan sampai Desember mendatang. Bisa jadi besarannya akan lebih dari yang sekarang,” ujar Fransiska Rahayu Budiwiarti, Ketua Komisi D DPRD Kota Malang.

Menurut Siska, sebelumnya Pemkot Malang menggelar rapat koordinasi dengan para kepala sekolah dalam rangka mencari angka ideal sebelum APBD ditetapkan. “Akhir Oktober, Pemkot dan Dewan sudah mulai bicara APBD Induk. Dan anggaran sekolah gratis ini tentunya ikut pembicaraan itu, termasuk masukan-masukan para kepala sekolah pada rapat tadi,” ungkapnya.

Ditambahkan pula, pihaknya mengapresiasi inisiatif para kepala sekolah yang sudah menghitungkan angka ideal sekolah-sekolah Malang yang statusnya sudah standar nasional pendidikan (SNP). “Sekolah-sekolah di Malang Kota memang sudah masuk kategori SNP. Tentu ada angka ideal pembiayaan sekolah-sekolah berstatus ini. Dan ini yang akan kami perhatikan nanti,” demikian tuturnya.

Terpisah, pakar pendidikan Universitas Negeri Malang (UM), Prof Dr Dawud mendukung upaya Pemkot menggratiskan biaya pendidikan SD-SMP. Mengenai angka ideal bantuan Pemkot, Dawud menyerahkan sepenuhnya pada putusan APBD.

Penetapan satuan biaya pendidikan sesuai standar SNP, lanjut Dawud, memiliki beberapa komponen yang harus dipenuhi. “Dan setiap komponen ini berbeda-beda pembiayaannya antara satu kota dengan kota lainnya. Saya pikir, pihak-pihak terkait memiliki pendapat mengenai pembiayaan bantuan pendidikan sekolah gratis ini,” ucap Dawud. sum

author