banner 468x60

Earphone Tingkatkan Resiko Tuli

414 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Mendengar musik di earphone bisa jadi kegiatan menyenangkan yang sering dilakukan orang. Jika Anda salah satunya, berikut ada peringatan dalam peneliti yang mengungkap keburukan dari kebiasaan mendengar musik dengan alat ini, salah satunya tuli permanen.

Seperti dikutip dari Mashable, para peneliti dari University of Leicester menemukan bahwa sering mendengar musik di earphone dapat merusak sel-sel di telinga. Jika hal ini dilakukan dengan keras, maka resiko kerusakan telinga akan lebih cepat rusak. Tanpa ada perubahan kebiasan, hal ini bisa berdampak buruk dan membuat Anda tak dapat mendengar apa-apa.

Dalam studinya, bunyi diatas 110 desibel akan membuat telinga cepat rusak. Tak cuma dengan earphone beberapa perangkat dengan bunyi keras, juga sering menjadi penyebab utama kerusakan pada telinga. Seperti alat musik dan bunyi dering ponsel yang berdekatan dengan telinga.

Hal ini umumnya dapat berdampak banyak hal, termasuk kondisi dengung dari telinga atau tuli sementara. Kondisi seperti ini biasanya sering juga dialami oleh para musisi, selesai tampil, tak jarang mereka mengalami gangguan pendengaran.

Peneliti dari universitas Leicaster, Dr Martine Hamann mengatakan kepada Science Daily, penelitian ini memungkinkan kita untuk memahami jalur dari paparan suara keras yang mengakibatkan gangguan pendengaran.

Dia menambahkan, sel-sel saraf yang dari telinga ke otak akan dirusak oleh suara keras. Lapisan ini, yang disebut selubung mielin, yang tugasnya membantu memindahkan sinyal. Bagian ini umumnya dapat rusak oleh suara di atas 110 desibel.  adi

author