banner 468x60

Empat Siswa SMAN 10 Surabaya Dapat Perlakuan Khusus

520 views
iklan
Salah satu siswa berkebutuhan khusus SMAN 10 Surabaya

Salah satu siswa berkebutuhan khusus SMAN 10 Surabaya

Penakita | SURABAYA – Suasana ujian sekolah (US) yang agak berbeda tampak di SMAN 10 Surabaya. Di salah satu ruang ujian, terlihat dua orang siswa berkebutuhan khusus (SBK) tengah serius mengerjakan soal-soal US, Rabu (20/3/2013).

Mereka adalah Adelina Setiawan, kelas XII IPS 3 dan Adam Pratama Putra, siswa kelas XII IPS 1. Adelina merupakan SBK yang memiliki ketunaan daksa, sementara Adam memiliki ketunaan netra. Karena keterbatasan keduanya membuat sekolah memberikan perlakuan khusus.

“Untuk mengikuti US ini masing-masing siswa itu dibantu seorang guru pendamping, dan seorang pengawas. Untuk membaca soal dan menjawab soal di lembar jawaban, mereka dibantu guru pengawas ini,” tutur Kepala SMAN 10 Surabaya, Drs H Sukron AP MM, kepada PENAKITA.com, Rabu (20/3/2013).

Menurut Sukron, total jumlah SBK di SMAN 10 Surabaya yang mengikuti US dan UN April 2013 mendatang sebanyak empat orang. Yakni satu siswa tuna netra, satu siswa tuna daksa, dan dua orang siswa tuna rungu.

“Dalam US ini mereka tidak diberi tambahan waktu untuk mengerjakan soal, karena ternyata mereka mampu mengerjakan sesuai waktu yang ditentukan. Sementara dalam UN nanti, mungkin akan ada tambahan waktu untuk mereka selama 30 menit saja,” tukas Sukron.

Sukron menambahkan, jumlah seluruh siswanya yang akan mengikuti UN April 2013 mendatang sebanyak 265 orang siswa, termasuk siswa inklusi atau SBK. Mereka akan terbagi dalam 14 ruang kelas. ika

author