banner 468x60

Fakta di Balik Mitos Kesehatan

429 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Di balik mitos yang berkembang di masyarakat, mitos kesehatan selalu unik untuk selalu dibahas. Bersama pakar kesehatan, simak mitos-mitos kesehatan tersebut, berikut fakta di balik kebenarannya.

Mengurangi Rokok
Untuk mengurangi rokok, orang sering berpendapat dua, tiga batang rokok tiap hari akan memberi dampak negatif lebih sedikit. Seperti dikutip dari MSN, pendapat tersebut tidak benar adanya. Menurut pulmonologist Dr David R Nelson, kebiasaan ini sudah dapat menyebabkan saluran udara menyempit sementara. Pada akhirnya menyebabkan penurunan sementara jumlah oksigen dalam darah Anda.

Kebiasaan begadang biasa bagi orang dewasa
Pada dasarnya, orang selalu membutuhkan jam istirahat yang cukup. Menurut National Sleep Foundation, kebutuhan tidur seseorang harus terpenuhi 7-9 jam setiap malamnya. Di luar ketentuan itu (kekurangan atau kelebihan) tidur akan memberi dampak yang signifikan bagi kesehatan.

Kopi bisa jadi sumber energi
Pada dasarnya kafein yang ada pada kopi akan memberi manfaat, terutama dalam hal fokus pada sesuatu. Meski demikian,menurut Keri Gans, konsultan nutrisi di New York, kopi tak bisa menjadi energy drink,  yang bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan energi. Karena itu, untuk mendapatkan energi, isi perut Anda dengan makanan.

Makan pagi dan siang, bisa diganti malam hari
Lupa makan pagi dan kelewatan makan siang, bisa dibayar dengan makan malam sebanyak-banyaknya. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa melewatkan makan siang malah bisa membuat tubuh Anda gemuk. Melewatkan makan siang malah merusak ritme sirkadian tubuh, sehingga metabolisme tubuh terganggu.

Alkohol untuk masalah insomnia
Pada dasarnya hal ini akan memberi efek positif langsung (mudah tidur), namun dalam hal kualitas, ini justru memberi dampak negatif. Karena ternyata minuman alkohol malah membuat Anda tak nyenyak dan merasa sangat pusing setelah bangun tidur.

Hal ini dijelaskan oleh Dr Shelby F Harris. Sebagai gantinya, menurut The National Sleep Foundation solusi aman untuk mengatasi masalah kurang tidur adalah dengan memastikan ruangan berada di suhu yang nyaman. adi

author