banner 468x60

Forum Rektor Evaluasi Uang Kuliah Tunggal

475 views
iklan

daniel m rosyidPenakita | SURABAYA – Penerapan uang kuliah tunggal (UKT) di perguruan tinggi negeri (PTN) pada tahun ini terancam tak bisa terealisasi. Pasalnya, forum rektor seluruh Indonesia hendak melakukan evaluasi untuk bisa direvisi.

Pengamat pendidikan Daniel M Rosyd mengungkapkan, uang kuliah tunggal (UKT) dipastikan akan timpang antara PTN yang relatif bagus dengan yang biasa-biasa saja. Hal inilah yang dikhawatirkan akan menguntungkan perguruan tinggi tertentu saja.

“UKT antara PTN satu dengan yang lainnya pasti beda. Yang dulunya terkenal mahal, nanti tetap mahal juga. Jadi, penerapan UKT masih bisa dievaluasi karena tidak tercantum dalam amanat UU, melainkan hanya surat edaran (SE). Saya mendengar, forum rektor akan membahas ini dalam waktu dekat,” kata Daniel kepada PENAKITA.com, Jumat (3/5/2013).

Karena itu, bila belum siap, PTN bisa melakukan dialog kembali dengan pihak Kementerian dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengenai penerapan UKT ini. “Sekarang bagaimana cara agar PTN yang kecil bisa mendapat intensif yang seimbang. Apakah sebaiknya memang diperlukan peran swasta untuk membiayai operasional PTN, atau pemerintah meningkatkan jumlah subsidi,” tukasnya.ika

author