banner 468x60

Gandeng Beragam Komunitas dan Ormas, JaKA Bagikan Ribuan Hand Sanitizer di 6 Provinsi

iklan
Jaringan Arek Ksatria Airlangga (JaKA) melakukan aksi sosial bagi-bagi hand sanitizer pada mereka yang membutuhkan.

penakita.com | JAKARTA – Jaringan Arek Ksatria Airlangga (JaKA) menggelar aksi bagi-bagi ribuan hand sanitizer ke beberapa daerah di DKI, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Bali, serta termasuk Jawa Timur sendiri.

Hal yang sama sebelumnya dilakukan Jatim for Indonesia (JFI). Selain pembagian hand sanitizer, JFI juga menggelar sosialisasi tentang pencegahan Covid-19 di Surabaya dan Malang.

Aksi ini lah yang kemudian diikuti oleh JaKA di Surabaya dan sekitarnya sebelum kemudian beralih ke provinsi lain di luar Jawa Timur. Aksi bagi-bagi ribuan hand sanitizer ke beberapa daerah itu berlangsung mulai Rabu (25/3/2020) hingga Kamis (26/3/2020).

“Gerakan ini wujud gotong royong semua elemen masyarakat,” kata Fryda Lucyana, Humas #GerakanHandSanitizer Jakarta.

Karena itu, lanjut Fryda, dalam menggalang dana, memproduksi hingga mendistribusikan hand sanitizer JaKA bekerja bareng dengan berbagai ormas, LSM, komunitas apapun yang peduli dan mau bergotong royong bersama.  

Diakui Fryda, Gerakan Sejuta Hand Sanitizer dibentuk dan diilhami karena keprihatinan para penggagas terhadap kelangkaan hand sanitizer di masyarakat.

Terlebih lagi bagi masyarakat kecil yang memiliki kemampuan ekonomi terbatas, sangat rentan terhadap penularan Covid-19 namun karena pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari tidak bisa bekerja di rumah.

Dalam melakukan aktivitasnya, lanjut Fryda, mereka yang menjalankan pekerjaan sebagai pengemudi ojek online, sopir angkutan umum, bus kota maupun AKAP, memerlukan banyak kontak dengan orang lain.

Hal yang sama juga terjadi pada pemilik/penjaga warung makanan di terminal/kaki lima, pedagang pasar, kurir, bahkan petugas non medis Rumah Sakit, dan kluarganya, hingga para wartawan.

Ditegaskan Fryda, sudah cukup banyak kalangan masyarakat kecil, mulai dari tukang becak, tukang sampah, tukang parkir, pedagang kaki lima, orang-orang yang bekerja di pasar dan terminal serta rumah sakit menerima pembagian hand sanitizer mulai dari ukuran 50 ml, 60 ml serta dalam kemasan jerigen 5 liter. dit

author