banner 468x60

Gara-Gara Kasek Pensiun Siswa 60 SD Tak Terima Ijazah

442 views
iklan

ijazah SDPenakita | SAMPANG – Ratusan siswa dari sekitar 60 SD Negeri (SDN) di 14 kecamatan se-Kabupaten Sampang terpaksa belum bisa menerima ijazah. Alasannya, di sekolah tersebut belum ada kepala sekolah definitif yang bisa menandatangani ijazah.

Para kepala SDN di sekolah-sekolah itu telah masuk masa purna tugas terhitung sejak akhir Oktober 2012 lalu. Untuk operasional sehari-hari posisi kepala SDN ini dipegang pelaksana tugas (plt) yang tidak bisa membubuhkan tanda tangannya pada ijazah para murid tersebut.

“Selain pensiun, ada pula yang meninggal. Totalnya ya sekitar 60 SDN,” tegas Lukito, Kabid Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Sampang.

Ditambahkan, Dindik setempat sudah mengajukan usulan pengangkatan kepala sekolah, Namun, hingga saat ini tidak ada kejelasan dari instansi yang memiliki wewenang memutasi Pegawai Negeri Sipil (PNS), yaitu Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Situasi yang membuat tidak nyaman para murid ini disesalkan Amin Arif Tirtana, Ketua Komisi D DPRD Sampang. Menurutnya, kekosongan jabatan itu sangat berpengaruh terhadap proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah, khususnya terkait penyerahan ijazah siswa kelas VI yang telah melaksanakan ujian nasional (UN) kemarin.

“Kondisi ini sangat meresahkan dan sudah mengganggu proses KBM,” kata Amin, Senin (24/6/2013). adi

author