banner 468x60

Generasi Muda Indonesia Harus Pahami Atlas Bencana di Negeri Ini

339 views
iklan

bencana tsunamiPenakita | YOGYAKARTA – Munculnya beragam bencana yang sering terjadi di Tanah Air harus bisa diantisipasi seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi muda. Dalam kaitan ini, maka perlu dibangun intelegensia di kalangan muda untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya mitigasi bencana.

Dan penerbitan atlas bencana bagi peserta didik dalam Kurikulum 2013, diyakini Suratman, guru besar Universitas Gajah Mada (UGM), dapat dimanfaatkan untuk belajar memahami bencana sejak dini.

“Selanjutnya, memunculkan kesiapan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana,” demikian tandas Suratman beberapa hari lalu.

Ditekankan Suratman,”Selama ini materi bencana alam hanya masuk dalam ilmu geografi seperti banjir, tsunami, longsor, gempa bumi. Namun belum ada peta atlas yang menampilkan karakter bencana di tiap daerah di Indonesia.”

Sebelumnya, gempa bumi disertai tsunami terus menjadi ancaman sebagian warga di beberapa daerah di Indonesia. Menghadapi ancaman yang tidak bisa diprediksi kapan terjadinya itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupaya mengantisipasi dengan cara mengurangi risiko akibat bencana.

“BNPB segera menyusun masterplan pengurangan risiko bencana Tsunami dengan melibatkan berbagai institusi terkait serta perguruan tinggi,” ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB.

Untuk penyusunan masterplan tersebut, lanjut Sutopo, pihaknya juga melibatkan pihak kementerian, sejumlah lembaga, perguruan tinggi, budayawan, seniman, pakar luar negeri, LSM, serta kalangan media. “Kami mengadakan diskusi, koordinasi dan kunjungan di lapangan untuk menyusun masterplan itu,” tuntasnya. dde

author