banner 468x60

Guru SMA Hang Tuah 1 Surabaya Diduga Bagikan Contekan!

483 views
iklan

Bocoran Soal UN 2013Penakita | SURABAYA – Kecurangan demi kecurangan rupanya masih terus terjadi dalam pelaksanaan ujian nasional (UN). Tahun ini, kendati jumlah paket soal ada 20 macam, tak juga menyurutkan ‘kreativitas’ sejumlah oknum berbuat curang, dengan memberikan bocoran soal, jawaban, maupun contekan.

Hal inilah yang diduga terjadi di SMA Hang Tuah 1 Surabaya, sejak awal pelaksanaan UN hari pertama. Salah seorang siswa, sebut saja Melati (bukan nama sebenarnya) mengaku, mendapatkan contekan dari oknum guru sekolahnya. Ia menerima bocoran jawaban itu pada mata pelajaran Matematika ketika UN Rabu (17/4/2013) kemarin.

Namun, Melati tak begitu saja percaya. Bahkan ia ogah-ogahan menerimanya, dan tetap mengerjakan soal-soal ujian dengan kemampuannya sendiri. “Ya kaget, tapi saya nggak percaya. Saya kerjakan apa adanya,” tutur Melati singkat, kepada PENAKITA.com, Kamis (18/4/2013).

Ketika ditanya dan disinggung lebih jauh mengenai kronologi kejadian maupun sistem kerja penyebaran bocoran guru itu, remaja yang satu ini enggan berkomentar lebih lanjut. Rasa cemas dan khawatir atas kejujurannya ini sangat terlihat di wajahnya. “Saya nggak tahu sistemnya,” ungkap siswa XII IPA SMA Hang Tuah 1 Surabaya ini.

Melati mengaku, sejak duduk di bangku SMP tiga tahun silam, ia telah diajarkan nilai-nilai kejujuran. Bahkan, ketika di sekolah dulu, secara khusus ia pernah belajar berani berkata jujur pada Siami dan anaknya, sang penyingkap tabir kecurangan di SDN Gadel Surabaya beberapa tahun silam.

Ia tak ingin bernasib sama dengan Siami sekeluarga, yang nahas terusir dari kampung dan sekolah tempat anaknya belajar. “Saya takut,” jawabnya lagi, singkat.ika

author