banner 468x60

Hanya 87 Siswa Peserta SBMPTN Lolos Jalur Bidik Misi

382 views
iklan

beasiswa2Penakita | SURABAYA – Persaingan ketat masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tak hanya terjadi pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksi melalui jalur bidik misi yang mensyaratkan kondisi tertentu bagi calon mahasiswa pun tak kalah serunya.

Terbukti, dari 1.200 peserta yang mendaftar di Universitas Airlangga (Unair) untuk jalur beasiswa dari pemerintah ini hanya 87 calon mahasiswa (cama) yang lolos. Karena, selain melihat passing grade nilai tertinggi, panitia SBMPTN juga meneliti data yang diberikan setiap peserta.

“Selain melihat nilainya, kami juga melakukan survei verifikasi data apakah sesuai faktanya,” kata Bagus Ani Putra, Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair.

Bagus menambahkan, kuota bidik misi di Unair sebanyak 900 siswa dari total 5.026 calon mahasiswa baru yang diterima di tahun ajaran baru 2013-2014 ini. Dari jumlah itu kini baru terisi 551 cama atau sekitar 65 persen, yaitu 464 siswa dari jakur SNMPTN, dan 87 siswa diperoleh dari SBMPTN.

“Sisa kuota sebanyak 349 anak akan dialihkan ke program BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri) Unair,” ujar Bagus yang juga Humas SBMPTN. BOPTN diharapkan tersalurkan ke mahasiswa yang berpotensi dan berprestasi, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Namun, menurut Bagus, BOPTN pun perlu seleksi kembali berdasarkan data-data yang masuk. “Mahasiswa tidak bisa memanipulasi data, seperti total gaji antara kedua orangtua dengan persyaratan tidak boleh lebih dari tiga juta rupiah hingga data-data lainnya,” tegas Bagus. ari

author