banner 468x60

Harun : Jurnal Online Bisa Rangsang Kreativitas Guru

404 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Tulisan jurnal bagi guru kini sudah tak terelakkan lagi. Karena itu, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Harun meminta setiap daerah agar menyediakan fasilitas jurnal online seperti yang sudah dilakukan Surabaya.

Harun yakin setiap daerah memiliki kemampuan menyediakan jurnal online melalui website. “Kami akan melakukan sosialisasi ke daerah-daerah khusus mengenai jurnal guru ini. Tujuannya, mendorong kabupaten dan kota lain untuk melakukan seperti yang dilakukan Surabaya. Demi peningkatan kompetensi guru, tirulah Surabaya,” ujar Harun.

Beberapa daerah diakui Harun pernah berencana membuat website yang sama khusus menampung tulisan ilmiah dan jurnal para guru. Mereka yang memiliki rencana segera direalisasikan. Sedangkan yang belum merancang website untuk jurnal online guru segera membuat.

“Sebuah keniscayaan jika para guru ingin naik pangkat harus menulis jurnal dan dimuat. Minimal sesuai aturan, jika ingin naik dari golongan IIIB sudah harus menulis karya ilmiah ini. Saya yakin para guru mampu karena materi dan bahan ada di kelas mereka. Tinggal membiasakan,” tandas Harun.

Jurnal Online diakui mampu merangsang kreativitas dan inovasi para guru. Kenaikan pangkat juga dipengaruhi oleh publikasi karya ilmiah dan karya inovatif guru. “Kami minta Surabaya terbuka dan mau berkomunikasi dengan daerah lain untuk saling tukar ilmu,” harapnya.

author