banner 468x60

Harun : Tidak Mungkin Ada Bocoran Soal!

400 views
iklan

UN bocorPenakita | SURABAYA – Guru pembocor jawaban soal ujian nasional (UN) matematika asal SMA Hang Tuah 1 Surabaya, agaknya harus ikhlas menerima nasibnya kelak. Pasalnya, jika indikasi tindakan kecurangan yang dilakukannya benar-benar terbukti, ia terancam menerima sanksi berat sesuai peraturan perundangan pelanggaran dalam pelaksanaan UN.

Hal ini diungkapkan oleh Koordinator Pengawas Perguruan Tinggi, Ali Mufie, Kamis (18/4/2013). Ia menegaskan, memberikan bocoran soal dan jawaban kepada peserta ujian, merupakan jenis pelanggaran yang berat. “Sanksinya nanti akan diserahkan kepada Dinas Pendidikan masing-masing, baik kabupaten/ kota maupun propinsi. Ekstrimnya dia bisa dinonaktifkan sebagai guru,” tutur Ali, kepada PENAKITA.com, Kamis (18/4/2013).

Kendati demikian, Dosen FMIPA Unesa ini mengatakan, belum akan menerjunkan tim khusus untuk melakukan investigasi lebih lanjut. Sebab, dirinya belum cukup bukti menindaklanjuti dugaan tindak kecurangan di SMA Hang Tuah 1 Surabaya. “Tapi kami sudah punya tim khusus pengawasan kecurangan UN di sembilan titik rahasia di Surabaya ini. Kami percayakan pada mereka,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur, Dr Harun MSi MM, ketika dikonformasi hal serupa, justru menampik kabar tersebut. Ia tetap optimis UN di Jawa Timur, khususnya Surabaya masih relatif aman terkendali. “Nggak ada, nggak akan ada kecurangan seperti itu. Ya bagaimana bisa, kan soalnya saja ada 20 paket. Saya rasa kok tidak mungkin ya,” tandasnya.

Sementara itu, ketika melakukan penelusuran lebih jauh ke SMA Hang Tuah 1 Surabaya, rekan-rekan pers sempat menerima penolakan keras dan pengusiran dari sekolah yang beralamat di Jalan Ikan Lumba-Lumba Surabaya itu. Kepala SMA Hang Tuah 1 Surabaya, Drs Suwito bahkan sempat bersumpah bahwa tak ada kecurangan yang dilakukan oleh sejumlah oknum guru di sekolah yang ia pimpin itu.

“Sumpah hal itu tidak ada di sekolah kami. Kalau pun ada, pasti saya tahu,” tandasnya.ika

author