banner 468x60

Harun : Tidak Mungkin Ada Bocoran UN

369 views
iklan
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Dr Harun MSi

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Dr Harun MSi

Penakita | SURABAYA – Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur, Dr Harun MSi mengatakan, kemungkinan terjadinya kebocoran soal dan jawaban pada ujian nasional (UN) tahun ini sangatlah tipis. Bahkan, menurutnya, nyaris tidak mungkin ada bocoran soal atau kunci jawaban.

“Wong soalnya saja sudah 20 macam paket, masing-masing siswa saja sudah berbeda. Jadi mana bisa siswa berbuat curang atau menyontek. Apalagi pengawalan percetakan dan distribusi soal juga ketat sekali, rasanya kebocoran sangat tipis sekali kemungkinannya,” beber Harun kepada PENAKITA.com, Senin (1/4/2013).

Selain itu, tambah Harun, bentuk soal dan lembar jawaban UN (LJUN) juga berbeda. Keduanya tidak terpisah, tetapi menyatu menjadi satu paket. Bahkan, soal dan LJUN ini berbarkode setiap lembarnya. Hal ini akan menambah tingkat keamanan soal, sehingga tak mudah bocor.

“Percetakan sudah siap dan baik, kesiapan pengawas ruang dan perguruan tinggi pun juga sudah baik, hanya butuh kerjasama semua pihak terkait untuk membuat pelaksanaan UN ini sukses dan lancar,” tandas mantan Kepala Disbudpar Jawa Timur ini. ika

author