Healthy Friday, Cara Siswa Vita School Mengolah Tanaman Jadi Makanan Sehat

Murid Vita Schooll sedang panen sayur sawi yang mereka tanam untuk diolah jadi makanan sehat.

Penakita | SURABAYA – Berkebun bukan hal asing bagi murid-murid SD Vita School Surabaya. Melalui kegiatan Healthy Friday, mereka rajin berkebun mulai dari menyemai, merawat tanaman selama pertumbuhan, hingga panen.

Tak hanya berkebun. Murid-murid pria dan wanita di sekolah tersebut juga belajar untuk mengolahnya hingga menjadi makanan maupun minuman yang bikin tubuh sehat.

“Saya bangga bisa meracik sayuran ini jadi minuman sehat,” celetuk Faye Daphne Ongkowijoyo usai praktik membuat jus sawi bersama teman-temannya.

Murid kelas 6 ini menambahkan, di rumah dirinya juga kerap membuat green juice ini bersama orangtuanya. “Agar tak terlalu pahit biasanya aku kasih gula sedikit,” imbuhnya.

Sementara Marcel yang juga murid kelas 6 tampak asyik membuat gado-gado bersama teman satu timnya. “Aku suka gado-gado, apalagi sayurannya enak jika dimakan bersama telor,” papar Marcel.

Kegiatan Healthy Friday, Jumat (28/9/2018) pagi itu diawali dengan kegiatan panen sayuran sawi. Puluhan siswa kelas 6 didampingi orangtua bersama-sama masuk ke green house.

Di tempat itu mereka memetik sawi yang sebelumnya mereka tanam dengan cara hidroponik. Setelah dicuci, sayuran itu kemudian mereka olah menjadi menu makanan dan minuman.

Murid-murid ini dibagi dalam empat kelompok, dan masing-masing menghadapi bahan makanan untuk mereka olah bersama dengan bimbingan orangtua dan guru. Selain jus sayur dan gado-gado, kelompok lainnya membuat omelet, dan capcay.

“Kami suka kegiatan seperti ini. Belajar di luar kelas tentu sangat menyenangkan,” imbuh Marcel yang diamini oleh Faye. dit