banner 468x60

Hewan Peliharaan Bisa Tumbuhkan Empati Anak

8 views
iklan

anak dan hewan ternakPenakita | JAKARTA – Sikap empati anak pada orang lain ternyata bisa diajarkan melalui binatang. Kedekatan seorang anak, bahkan pertemanan yang sangat dekat dengan binatang peliharaan ini diyakini bisa melatih empati anak tersebut.

Tak hanya itu. Interaksi anak dengan binatang peliharaan juga bisa membantu anak untuk mengembangkan ketrampilan emosi dan sosialnya. “Jadi punya peliharaan di rumah itu positif dan baik,” demikian tutur Ratih Andjayani Ibrahim, Psikolog Universitas Indonesia.

Karena itu, Ratih mengharapkan agar orangtua mendorong anaknya untuk berteman dengan binatang di sekitarnya. “Sayang binatang itu bisa menumbuhkan sense of humanity atau rasa kemanusiaan, karena anak bisa belajar berempati kepada sesama. Dengan berempati kepada binatang, anak ini kemudian diharapkan bisa berempati kepada orang lain,” paparnya.

Disamping rasa empati, kedekatan anak dengan hewan juga diyakini bisa meningkatkan kecerdasan anak tersebut. Tetapi, pendekatan anak dengan hewan jinak ini tetap harus didampingi orangtuanya.

Saat bersama hewan ternak tersebut, sang anak bisa dilatih memberi makan ikan, anjing, kucing, marmut atau binatang yang tidak berbahaya lainnya.

Soal resiko penularan penyakit dari hewan ternak ini, Ratih menegaskan tak perlu terjadi bila hewan peliharaan tersebut dalam keadaan terawat baik kebersihannya. “Jika semua dirawat, dilatih, diasuh, binatang itu bisa menjadi sahabat yang asyik untuk si anak sekaligus bisa bantu menjaga rumah,” ungkapnya. dde

author