banner 468x60

Hore……BOS Surabaya Cair!

367 views
iklan
Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan

Penakita | SURABAYA- Kabar gembira bagi sekolah-sekolah Surabaya. Sebab, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada triwulan II sudah cair sebesar Rp 300 miliar. Pencairan dana BOS tersebut ditujukan untuk siswa di jenjang SD dan SMP.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya, Ikhsan, Jumat (5/4/2013). Ikhsan mengatakan dana yang bersumber dari APBN itu bisa dipergunakan untuk kebutuhan pendidikan. “Saya dilapori sudah cair,” kata Ikhsan kepada PENAKITA.com, Jumat (5/4/2013).

Dengan pencairan ini, Mantan Kepala Bappemas dan KB Kota Surabaya ini meminta supaya sekolah berhati-hati dalam menggunakan anggaran BOS tersebut. Menurutnya, semua pengeluaran yang memakai dana pemerintah harus dipertanggungjawabkan dengan baik.

Yang lebih penting, lanjut Ikhsan, sekolah tidak diperkenankan melakukan pungutan dana dalam bentuk apapun. Sebab, kebutuhan pendidikan sudah dipenuhi dari APBD berupa bantuan operasional pendidikan daerah (Bopda) dan BOS.

“Keduanya sudah cair. Jadi tidak ada alasan lagi untuk melakukan pungutan sekolah,” papar Ikhsan.

Ia menambahkan, jika terdapat sekolah yang melakukan pungutan, lebih-lebih pungutan liar kepada siswa, maka sekolah tersebut telah melanggar peraturan Walikota terkait penarikan biaya sekolah.

“Ya kalau ketahuan ada yang seperti itu, pasti ada sanksinya. Nanti pihak Inspektorat pendidikan yang akan menangani. Tapi tetap semuanya harus dikaji dan dilihat, pungutan apa itu dan tujuannya apa,” tukas Ikhsan. ika

author