banner 468x60

I See U Bisa Bantu Penderita Buta Warna

436 views
iklan
Dyce dan hasil karyanya, I See U

Dyce dan hasil karyanya, I See U

Penakita | SURABAYA – Kabar baik bagi penderita buta warna. Seorang mahasiswa iSTTS (Intitut Sains Terapan dan Teknologi Surabaya), menciptakan inovasi software bernama I See U, yang dapat mempermudah penderita buta warna, untuk melihat gambar dengan warna tertentu. Aplikasi ini dapat mensimulasi warna merah dan hijau, menjadi warna lain.

Terinspirasi oleh pencipta Facebook yang menderita buta warna, dan didorong oleh jiwa sosial yang tinggi, Euridyce, mahasiswa iSTTS ini menciptakan software tersebut. “Saya ingin menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Jadi tak sekadar penelitian semu, tapi nyata manfaatnya bagi orang banyak,” tutur Dyce, sapaan akrab remaja ini kepada PENAKITA.com, Minggu (10/3/2013).

Aplikasi ini merupakan inovasi pertama di Indonesia yang berfungsi membantu penderita buta warna parsial untuk dapat melihat detail gambar atau benda berwarna hijau dan merah. Kecenderungan penderita buta warna parsial tak dapat melihat benda dengan detail warna-warna tersebut.

“Dengan aplikasi ini, kedua warna itu diubah secara otomatis menjadi warna lain. Yakni dominan warna biru, dan campuran warna-warna lain sehingga para penderita buta warna parsial ini dapat melihat detail gambar tersebut,” jelas mahasiswa Informatika sementer 8 ini.

Menurut Dyce, penggunaan aplikasi ini dikhususkan bagi penderita buta warna parsial berjenis protanopia, dan deutranopia. Keduanya merupakan jenis penderita buta warna merah dan hijau. Namun, penderita protanopia lebih cenderung tak dapat melihat benda dengan detail warna merah, sedangkan penderita deutranopia cenderung tak dapat melihat benda dengan detail warna hijau.

“Jadi aplikasi ini tidak bisa digunakan oleh penderita buta warna tritanopia, yang tak dapat melihat warna biru dan kuning. Karena, jenis buta warna ini sangatlah langka. Sehingga, saya kesulitan ketika mencari responden dan melakukan uji coba,” beber Dyce. ika

author