banner 468x60

IHM Ajak Anak Muda Malang Gabung

420 views
iklan

buku_malangPenakita | MALANG – Komunitas Indonesian Hope Malang (IHM) bertekad mendirikan perpustakaan di setiap panti asuhan. Karena itu, setelah dua perpustakaan di Buring Kecamatan Kedungkandang, dan di Pakis Kabupaten Malang, IHM berencana mendirikan dua perpustakaan di tempat lainnya.

Menurut Vinka, ketika IHM membangun perpustakaan di sebuah panti, bukan hanya membangun sarana fisiknya, tapi juga pengelolaannya. Hal itu agar keberlangsungan perpustakaannya tetap terjaga.

“Kami ajarkan pengelolaan dan manajemen perpustakaan yang mudah kepada anak-anak panti. Bukan cuma itu, kami pun mengajar Bahasa Inggris ke mereka,” papar wirausahawan ini.

Sementara Rida Afrilyasanti yang Sekretaris IHM menyatakan dirinya merasa lebih nyaman mengajar Bahasa Inggris di panti asuhan binaan IHM ketimbang saat mengajar resmi di SMAN 8 Malang. Bagi Rida, mengajar di panti asuhan memberikan pelajaran hidup lebih mendalam jika dibandingkan mengajar resmi sebagai PNS.

“Anak-anak (panti asuhan) mengajarkan kami untuk tetap bersyukur dengan keadaan kami sekarang. Pelajaran ini yang tidak saya dapatkan saat mengajar sebagai guru institusi,” tutur perempuan berjilbab ini di sela-sela acara Tantang RAsamu: Sumbang Buku Dapat Cokelat, Sabtu (22/6/2013).

Menurut Rida, IHM mendapat bantuan dari NGO di Amerika untuk membangun dua perpustakaan itu. Dan untuk membangun tiap perpustakaan diperlukan dana sebesar Rp 6-7 juta. “Karena itu lewat acara ini kami mengumpulkan buku dari donasi warga Malang untuk dijadikan koleksi di dua perpustakaan yang akan kami bangun lagi,” papar perempuan asal Trenggalek ini

IHM yang kini beranggotakan 18 orang itu terbuka bagi siapapun untuk menjadi anggota ataupun donator. “Karena kekurangan tenaga, saya juga mengikutkan suami dan adik untuk membantu kegiatan IHM,” bebernya.

Ditambahkan Rida,“Kami ingin anak muda Malang yang ingin memajukan pendidikan di Malang Raya bergabung dengan kami.” sum

author