banner 468x60

IHM Getol Bangun Perpustakaan di Panti Asuhan

370 views
iklan

buku_indonesian hope malangPenakita | MALANG – Budaya membaca, khususnya di kalangan anak-anak, belakangan memang makin kurang. Apalagi anak-anak dari kelompok masyarakat tidak mampu. Mereka lebih memprioritaskan bekerja daripada belajar yang berkaitan dengan aktivitas baca tulis ini.

Fenomena itu pula yang jadi titik perhatian komunitas Indonesian Hope Malang (IHM) yang kini getol mendekati anak-anak panti asuhan dan membujuk mereka untuk gemar membaca. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, IHM kini membangun perpustakaan di dua panti asuhan, yaitu di Buring Kecamatan Kedungkandang, dan di Pakis Kabupaten Malang.

IHM yang kini beranggotakan 18 orang itu aktif melakukan sosialisasi gerakan Indonesia Membaca. Meski anggotanya masih sedikit, IHM yang berdiri sejak 15 Mei 2012 ini sangat solid. “Latar belakang profesi dan pekerjaan kami berbeda-beda. Tapi, ini tidak menyurutkan niat anggota IHM membuat perpustakaan lagi,” kata Vinka Pristiono, Koordinator IHM, di sela-sela acara Tantang RAsamu: Sumbang Buku Dapat Cokelat, Sabtu (22/6/2013).

Ditegaskan Vinka, IHM merupakan komunitas nonprofit yang visi misinya untuk menggalakan anak-anak panti asuhan mencintai baca buku. Menurut Vinka, membuat anak-anak panti asuhan gemar membaca memang gampang-gampang sulit.

“Kalau pendekatan awalnya salah, maka anak-anak panti asuhan lebih memilih melakukan aktivitas lain yang menghasilkan uang ketimbang giat membaca buku,” imbuh Rida Afriliyasanti, Sekretaris IHM. sum

author