banner 468x60

Ingin Melanjutkan Pendidikan S2 Gratis? Ini Syaratnya!

487 views
iklan

Mendikbud2Penakita | BANDUNG – Pemerintah bertekad memperbanyak jumlah intelektual bergelar S2 di Tanah Air. Untuk mendorong tujuan tersebut, pemerintah bakal memberi beasiswa khusus bagi mahasiswa srata 1 (S1) yang melanjutkan ke S2. Beasiswa itu khusus bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di Fakultas Teknik, Sains, MIPA, dan Agrikultur Pertanian.

“Karena memang bidang-bidang itulah yang sangat dibutuhkan. Makanya, mahasiswa yang ada di Fakultas teknik, Sains, MIPA dan Agrikultur Pertanian, akan kami genjot, bahkan kami gratiskan untuk program S2-nya,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh saat meresmikan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) baru di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (26/7/2013).

Ditambahkan mantan Rektor ITS ini, sarjana S2 tersebut selanjutnya akan ditempatkan sebagai tenaga pengajar di perguruan tinggi negeri (PTN) yang akan makin diperbanyak. “Untuk tenaga dosen minimal kan (gelarnya) S2. PTN di Jabar ini kan akan diperbanyak, sehingga dibutuhkan pula banyak tenaga pengajarnya,” tegas Nuh.

Dalam upaya meningkatkan kecerdasan masyarakat Indonesia, lanjut M Nuh, pemerintah memang memacu perkembangan PTN, khususnya di Jawa Barat. Pasalnya, provinsi di ujung barat Pulau Jawa ini diketahui berpenduduk sekitar 45 juta itu, angka itu paling banyak di Indonesia.

“Penduduk paling banyak di Indonesia itu ya di Jabar. Karena itu, dalam meningkatkan prestasi kualitas dan IPM masyarakat Jabar mau enggak mau PTN di Jabar harus ditambah. Sebelum itu, maka dosen bergelar S2 harus ditambah dulu,” pungkasnya. dde

author