banner 468x60

Ini Akibatnya Jika Anak Terlalu Lama Nonton TV atau Main Komputer

470 views
iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | SURABAYA – Tak hanya berdampak buruk bagi kualitas pendidikan dan kesehatan secara umum, kebiasaan menonton televisi bagi anak dapat berdampak pada penurunan kesehatan secara khusus. Dalam hal ini kualitas kesehatan mata.

Jika dulu kita percaya melihat televisi terlalu dekat dapat merusak mata, tapi menurut penelitian baru-baru ini mengatakan, kuantitas dan faktor usia dari kebiasaan menonton televisi bisa berpengaruh pada kerusakan penglihatan.

Dikutip dari Parenting, hal ini tentu sangat berpengaruh, terutama dalam hal kuantitas menonton acara di televisi. Jangan heran, jika pada akhirnya anak harus menggunakan kacamata di awal usia perkembangannnya.

Dibanding orang dewasa, otot mata anak pada dasarnya mudah sekali mengalami kelelahan saat menonton televisi terlalu lama. Jika hal ini kurang diperhatikan, maka anak berisiko mengalami asthenopia atau kelelahan otot mata. Risiko ini kian besar jika hal ini dilakukan oleh anak berusia dibawah satu tahun. Dan kerusakan ini akan terbawa sampai mereka dewasa.

Hal yang sama juga akan berdampak dari kebiasaan menghadap layar komputer dan kebiasaan bermain game. Pada dasarnya, hingga usia setahun, kondisi mata anak dalam keadaan rabun dekat. Keasyikan menonton akan membuat anak bersusah payah memfokuskan penempatan bayangan gambar agar jatuh pada tempat yang benar. Hal ini yang pada akhirnya meningkatkan risiko kerusakan mata semakin besar. adi

author