banner 468x60

Ini Akibatnya Jika Merokok di Dalam Mobil

457 views
iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | SURABAYA – Biasa mengendarai mobil dan sering merokok di dalamnya? Sebaiknya Anda mulai meninggalkan kebisaan itu. Karena menurut sebuah studi, hal tersebut akan memberi dampak polusi udara sangat buruk, terlebih bagi mereka yang sedang duduk di kursi belakang.

Dikutip dari Dailymail, temuan ini diungkap oleh tim peneliti dari skotlandia. Mereka menemukan, bahkan dengan membuka sedikit jendela, polusi yang diakibatkan karena rokok akan menciptakan polusi udara di dalam mobil melebihi ambang batas, seperti yang ditetapkan oleh WHO.

Dari kebiasaan ini, anak-anak paling sering banyak mengalami dampak buruk polusi ini. temuan ini telah diterbitkan oleh Tobacco Control journal. Dalam risetnya, para peneliti meneliti perjalanan sekitar 85 mobil.

“Jika dilihat dari pengaruh yang ditimbulkan anak-anak sangat rentan, karena mereka memiliki standar bernapas lebih cepat, sistem kekebalan tubuh kurang dan sebagian besar tidak dapat menghindari paparan rokok pasif,” kata Dr Sean Semple, dari University of Aberdeen.

Dalam uji cobanya, dampak buruk sering muncul meski hanya melakukan kegiatan ini selama 10 menit sampai Satu jam. Dalam penelitian ini, hanya menghabiskan sebanyak 4 batang rokok, polusi udara yang terjadi di mobil bisa sampai tiga kali lebih tinggi dari batas yang digunakan WHO.

“Orang tua harus menggunakan akal sehat mereka tentang kebiasaan buruk ini,” tegas Simon Clark Wood.  adi

author