banner 468x60

Ini Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

451 views
iklan

article-confident-childPenakita | SURABAYA – Disadari atau tidak, salah satu elemen penting dalam proses belajar anak adalah rasa percaya diri. Tanpa hal ini, bisa jadi proses belajar akan terganggu, dan tentu saja akan berpengaruh pada prestasi olahraga maupun sekolah anak.

Pribadi percaya diri kadang dimiliki seseorang anak tanpa proses belajar. Meski demikian, beberapa anak perlu penanganan khusus agar mereka lebih siap dalam menghadapi lingkungan belajar atau bermainnya.

Sebagai orangtua, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mendorong anak  memiliki rasa percaya diri itu, diantaranya :

Jadi pendengar yang baik. Anak selalu ingin diperhatikan, begitu pula saat mereka sedang mengerjakan sesuatu. Untuk itu, sesibuk apapun Anda, ada baiknya mendengar cerita mereka. Selain mengetahui kegiatan yang telah dilakukan sehari penuh, cara ini akan meningkatkan rasa percaya diri anak. Sebaliknya, sikap cuek akan memberi dampak yang sebaliknya.

Menghargai. Selain itu, rasa percaya diri anak juga sering muncul saat mereka merasa dihormati. Maka dari itu, ada baiknya sebelum memerintah Anda pertimbangkan privasi anak dengan baik dan benar.

Beri Kesempatan. Khawatir bisa jadi hal positif, namun ada kalanya hal ini lebih ditekan, sehingga anak bisa melakukan sendiri apa yang ia lakukan. Memberi dukungan segala hal positif yang dilakukan akan memupuk rasa percaya diri anak sejak dini.

Jangan larang anak membantu pekerjaan Anda. Naluri anak pada umumnya suka meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Dalam hal ini mereka biasa menawarkan jasa untuk melakukan sesuatu. Asal sesuai kemampuan, ada baiknya sekali-kali Anda membiarkan mereka terlibat dalam kegiatan yang Anda lakukan. Karena cara ini akan mendorong rasa percaya diri anak.

Bagimana, tak sabar mencobanya pada anak Anda? adi

author