Ini Dia Beasiswa Bagi Guru Madrasah yang Ingin Sekolah S2

beaPenakita | JAKARTA - Kesempatan mendapat beasiswa untuk jenjang S2 tak hanya bagi guru di sekolah yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Meski dalam skala terbatas, guru madrasah yang berada di bawah Kementerian Agama (Kemenag) pun punya peluang sama.

Pemberian beasiswa ini, seperti dikutip dari laman kemenag.go.id, bertujuan meningkatkan kualifikasi guru madrasah ke jenjang S2 dengan syarat dan konsentrasi atas kebijakan Direktorat Pendidikan Madrasah. Untuk seluruh Indonesia kesempatan ini diberikan pada 250 orang calon peserta.

Beasiswa kali ini diperuntukan bagi guru yang sudah memperoleh Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) untuk beberapa konsentrasi mata pelajaran, seperti mata pelajaran dalam kategori Pendidikan Agama Islam dan mata pelajaran lainnya yang di-UN-kan.

Adapun sejumlah perguruan tinggi yang direncanakan untuk menampung para penerima beasiswa itu, antara lain Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Jakarta, IAIN Imam Bonjol, IAIN Banjarmasin, Universitas Negeri Semarang, dan STAINU.

“Upaya peningkatan kualifikasi guru madrasah sesuatu yang strategik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan madrasah. Pola pembelajaran guru diharapkan tidak saja pada tataran kognisi tetapi lebih pada humanistic teaching,” tutur Nur Syam, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag.

Bagi guru madrasah yang berkeinginan mendapat peluang ini dapat memantau pengumumuan yang diperkirakan beredar sekitar bulan Agustus 2013. Untuk tahun ini juga diperkirakan seleksi masuk akan dilaksanakan oleh masing-masing perguruan tinggi mitra. dde