banner 468x60

Ini Manfaat Konsumsi Ketimun Setiap Hari

374 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Selain cocok dibuat acar, campuran bahan makanan atau konsumsi langsung karena kandungan airnya yang banyak, ternyata terdapat manfaat kesehatan dari kebiasaan mengonsunsi ketimun. Salah satunya untuk kesehatan tulang.

Ketimun merupakan satu dari empat sayuran budidaya paling popular di seluruh dunia. Dibalik kandungan airnya yang banyak, dalam ketimun terdapat kandungan vitamin A, B1, B6, C, dan D. Selain nutrisi tersebut, ketimun juga mengandung mineral seperti kalsium, potasium, dan folat yang tentu saja baik untuk kesehatan.

Dikutip dari Boldsky, ketimun juga memiliki manfaat dalam mengatasi dehidrasi, dan cocok dimakan pada saat musim panas. Berbagai olahan minuman ketimun, seperti jus akan memberi manfaat lebih alami ketimbang mengonsumsi minuman isotonic, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang hilang akibat beraktivitas.

Selain itu, air yang ada dalam ketimun juga dapat menangkal radikal bebas dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Konsumsi 3 ketimun setiap hari juga dapat mengurangi resiko kanker usus besar, prostat, payudara, ovarium, dan kanker rahim.

Kalsium yang ada di dalamnya, juga membuat ketimun dapat menguatkan sendi dan pertulangan. Hal ini juga ditunjang silika yang berguna untuk kesehatan sendi dan memperkuat jaringannya. Manfaat terakhir dari ketimun adalah menyehatkan mulut. Zat anti bakterinya dapat membuat mulut bebas bau, gigi lebih kuat, dan gusi menjadi sehat. adi

author