banner 468x60

Ini Syarat Khusus Bagi Peminat Sekolah Kawasan di Surabaya

508 views
iklan

ujian ilustrasiPenakita | SURABAYA – Dinas Pendidikan Kota Surabaya bakal menerapkan sistem baru terkait Penerimaan Pesera Didik Baru (PPDB) 2013-2014. Sistem baru ini khususnya diterapkan bagi calon siswa yang mendaftar ke SMP dan SMA di sekolah kawasan (eks RSBI).

Sebagai salah satu syarat, calon siswa harus mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA). Tes kemampuan berfikir ini meliputi kemampuan pemahaman dan penalaran yang penting untuk kesuksesan dalam pendidikan formal di sekolah.

Dalam penentuan kelulusan calon siswa, skor 60 persen diambil dari TPA dan 40 persennya berdasarkan nilai ujian nasional (UN). “Tes ini berbeda dengan UN. TPA lebih mengarah kepada cara berfikir siswa dalam menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan analogi bahasa, angka dan gambar,” kata Dr Seger Handoko, Dekan Fakultas Psikologi Unair Surabaya.

Menurut Seger Handoko, tujuan tes ini adalah agar siswa yang masuk ke sekolah tak hanya pintar secara akademisi, melainkan juga diprediksikan lebih berhasil dalam prestasi belajarnya di jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stres dengan tuntutan belajar di sekolah kawasan.

“Untuk itu peserta tidak perlu susah payah belajar. Justru peserta harus dalam keadaan tenang dan relax,” paparnya sambil menambahkan TPA untuk SMP dilaksanakan pada 22 Juli dan 23 Juli bagi SMA. ari

author