banner 468x60

Ini yang Diperlukan Agar Universitas di Indonesia Hebat

481 views
iklan
Yohanes Surya

Yohanes Surya

Penakita | JAKARTA – Indonesia diyakini mampu memiliki universitas hebat yang mampu bersaing dan menyamai kualitas Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Harvard. Universitas yang hebat itu bahkan dipastikan muncul sebelum tahun 2030.

“Kata orang, ‘mana mungkin bisa menyamai MIT dan Harvard?’ Saya katakan, kenapa tidak mungkin? Untuk menjadi universitas world class, sebenarnya yang dibutuhkan cuma tiga hal, yaitu dosen yang hebat, mahasiswa yang hebat, dan fasilitas yang hebat,” tegas fisikawan Yohanes Surya seperti dikutip dari rilis resmi yang diterima Kompas.com.

Semangat itu pula yang mendorongnya mendirikan Surya University yang diluncurkan besok, Sabtu (9/3/2013). Surya optimistis karena yakin akan persiapan dosen, proses rekrutmen mahasiswa dan fasilitas. Sekitar 200 doktor sudah disiapkan, dan dia yakin akan bertambah menjadi 1.000 dalam lima tahun ke depan.

Selain itu, Surya merencanakan menjaring para mahasiswanya melalui olimpiade fisika, kimia, matematika, biologi dan sebagainya. Bahkan, Surya yakin akan banyak mahasiswa dari mancanegara yang akan datang. Surya University, lanjutnya, juga ditopang oleh 41 pusat riset ilmu pengetahuan dan teknologi dan akan berkembang menjadi 80 pada lima tahun mendatang sehingga membentuk pool of excellence yang langsung berinteraksi dengan dunia industri internasional guna menghasilkan berbagai produk buatan sendiri.

Surya optimistis Indonesia dapat mengakhiri nasib selalu menjadi end-user dan beralih menjadi produsen yang disegani bangsa lain. Indonesia, lanjutnya, akan memiliki produk industri dan teknologi di berbagai bidang yang berlabel “made in Indonesia” yang diciptakan putra-putri bangsa.

Puluhan sentra riset yang ada akan dimanfaatkan sebagai tempat belajar mahasiswa. Di sini, para mahasiswa langsung diajari dan dilatih untuk melakukan riset sejak dini. kps/dde

author